Sabtu, 26 September 2009

Si Kumbang dan Dr. Porsche

(Sejarah VolksWagen)

Volkswagen Beetle dianggap sebagai salah satu yang paling luar biasa dan hasil rekayasa mobil terbaik abad ini. Mobil ini berasal pada 1930-an seperti yang dirancang terutama oleh Dr Ferdinand Porsche selama dekade tersebut. Porsche telah memiliki impian menciptakan mobil ekonomis bagi massa di Jerman sejak ia masih muda.

Porsche lahir di Maffersdorf, Austria Hungaria pada tahun 1875. Desain mobil pertama adalah sebuah mobil listrik yang dirancang pada tahun 1900 untuk Ludwig Lohner, yang disebut Porsche-Lohner Chaise. Setelah itu, ia pindah bekerja untuk Daimler-Benz di mana ia pertama kali mencetuskan atas ide sebuah mobil kecil untuk massa. Pertama “mobil rakyat" adalah sebuah prototipe yang disebut Tipe 130. Sayangnya, Daimler-Benz tidak antusias tentang desainnya dan proyek ini dihapus. Setelah bekerja di sana, ia pindah ke tugas yang singkat di sebuah perusahaan bernama Steyr. Mereka juga, tidak antusias tentang proyek ini mengingat Jerman saat itu berada di tengah-tengah depresi. Lalu sebuah perusahaan bernama Zündapp, yang produksi utamanya motor menjadi tertarik pada mobil kecil untuk kelas bawah dan menengah Jerman. Mereka membangun prototipe berikutnya, sebuah mobil bermesin belakang yang disebut Tipe 12. Sekali lagi, proyek ini hancur ketika Zundapp membuat kesepakatan dengan NSU untuk hanya memproduksi sepeda motor. Ironisnya, perusahaan berikutnya yang mendekati Porsche tentang mimpinya adalah NSU. Mereka membangun sebuah prototipe yang disebut NSU Type 32. Mobil memiliki banyak fitur dari awal Beetles, tetapi sekali lagi proyek ini terhenti karena NSU tidak memiliki dana untuk memasukkan mobil ke dalam produksinya.

Pada bulan Januari tahun 1933, Porsche bertemu dengan Adolf Hitler untuk membahas masalah sebuah mobil rakyat. Mereka menetapkan pedoman untuk seberapa besar, seberapa mahal, dan apa jenis mesin mobil tersebut seharusnya. Hitler relatif sedikit hubungannya dengan mobil ini, baik untuk desain maupun pengembangannya, dan tidak ada hubungannya dengan produksi pertama pasca-bentuk prototipe. Sayangnya, Porsche dibuat untuk bekerja di bawah RDA (Reichsverband der Deutschen Automobilindustrie, atau asosiasi industri motor Jerman. RDA memberinya hanya 10 bulan untuk membangun tiga prototipe untuk di bawah RM900, sementara Porsche pikir dia bisa membangun sebuah mobil dengan spesifikasi lain di sekitar satu tahun untuk di bawah RM1, 550. Dia mulai bertanya-tanya apakah mimpinya akan pernah menjadi kenyataan. Dua prototipe sudah diselesaikan dalam waktu tidak kurang dari dua tahun, sedan V1 dan V2 convertible, varian ketiga yang ditawarkannya adalah sedan VW3 dengan rangka baja menggantikan aluminium.

Pengujian ketat oleh RDA mengungkapkan kelemahan dalam bantalan roda depan, katup, rem, dan camshafts. Serangkaian 30 prototipe, yang disebut VW30 itu diberi lampu hijau dan diuji untuk lebih dari 50.000 mil oleh para perwira SS tanpa ampun. 44 mobil lain - VW38's - telah dibangun pada tahun 1937 dan memiliki sebagian besar karakteristik produksi pertama Beetles. Kekurangan yang mencolok telah diatasi pada saat ini. Pabrik Comerstone di penjuru Wolfsburg dibuka pada tanggal 26 Mei 1938. Namun sebagian besar produksi Beetle, harus menunggu disebabkan konflik kecil yang disebut Perang Dunia II sudah di depan mata.

Mayor Ivan Hirst adalah pria yang bertanggung jawab atas pemboman pabrik VW saat perang (pabrik itu dibom karena memproduksi kendaraan perang Jerman). Beetles paling awal dibangun 1938-39, 43-45 disebut "KdF Wagens," atau Kraft durch Freude Wagens, yang berarti kekuatan dari mobil yang menyenangkan, gerakan yang dimaksudkan untuk memberi rakyat Jerman sebuah rasa tujuan. Sebuah rencana dicetuskan untuk membayar sebuah KdF-Wagen baru, dengan membeli perangko RM5 setiap minggu. Setelah empat buku dari 50 prangko itu penuh, Anda bisa mendapatkan mobil baru Anda. Masalahnya adalah, ini tidak pernah terjadi. Hanya yang sangat terbatas KdF Wagens dibangun, dan semuanya disalurkan ke pejabat pemerintah. Tidak satu orang pun dari 336.638 yang mendaftar untuk program ini pernah menerimanya.

1948 adalah tahun di mana orang yang paling berpengaruh bernama Heinz Nordhoff mendapatkan pekerjaan di Volkswagen. Nordhoff adalah seorang jenius yang mengangkat imej VW dan mengubahnya menjadi mobil yang paling populer di abad kedua puluh. Dari 1948 dan seterusnya, hal-hal di Volkswagen menjadi lebih produktif dan positif. Pada tahun 1948, sebuah perusahaan couchbuilding bernama Hebmüller mulai memproduksi ubahan Beetle convertible 2 kursi yang elegan. Sayangnya, pabrik Hebmüller terbakar hebat pada tahun 1950 dan hanya sekitar 750 dari mobil-mobil ini dibangun melalui 1953. Hari ini, sekitar 200 yang diketahui ada, dan sangat diinginkan dan mahal.

Ada banyak perusahaan lain yang mencoba untuk menerapkan custom designed pada chassis VW. Ini termasuk Rometsch, Drews, dan Dannenhauer & Stauss. Hanya beberapa terbaik yang cukup sukses. Peristiwa lain yang sangat penting dalam sejarah VW terjadi pada tahun 1949. Dua Volkswagen pertama yang diimpor ke Amerika Serikat. Ini diimpor oleh seorang Belanda bernama Ben Pon. Pada awalnya, mobil-mobil ini tidak mendapat sambutan di AS, tetapi akan terbukti sangat populer pada pertengahan 1950-an. Orang yang berperan besar adalah bahwa Max Hoffman, importir Jaguar membutuhkan VW dibeli jika anda punya Jaguar. Segera, dealer memesan kembali dan hanya meminta VWS. Reguler pertama, versi Beetle Cabriolet 4 kursi muncul pada tahun 1950. Kumbang yang lengkap akan dikirim ke pabrik Karmann Osnabrueck, dan pada dasarnya, bagian atas akan dipotong dan dibuat convertible. Mobil-mobil ini terbukti sangat populer, sebagai model diproduksi di Jerman hingga 1979.

Pada 8 Maret, 1953, tradisi jendela belakang terpisah diperbesar dan berubah menjadi oval. Dasbor ditata ulang tahun yang sama dan kapasitas mesin diperbesar menjadi 1192cc dari 1131cc. model jendela lonjong akan tetap sampai tahun 1957, setelah itu jendela belakang akan kembali diperbesar menjadi bentuk persegi panjang. Perubahan kecil diterapkan pada Beetle setiap tahun untuk pengoperasian yang lebih baik dan lebih aman. Pada tahun 1955, terdaftar 30.928 Beetles berada di Amerika Serikat. Jumlah itu berkembang menjadi 191.372 pada 1960. Mobil ini begitu digandrungi di AS karena atribut menawan. Tidak seperti kebanyakan buatan Detroit American fuel guzzlers, Beetle itu sangat ekonomis dan murah untuk perawatannya. Tidak ada desain ulang secara radikal, setiap tahun tetap sangat mirip dan hanya dilakukan perbaikan kecil. Performa Beetle luar biasa di salju karena mesin belakangnya. Mereka dapat diandalkan dan terpercaya untuk kategori mobil kecil.

Beetle adveratising tidak diragukan lagi, termasuk dari beberapa yang terbaik di dunia pada tahun 60-an. Suatu badan bernama Doyle, Dane & Bernbach mengerjakan iklan VW. Mereka pintar dan cerdas. Tidak seperti iklan mobil Amerika glamor, mereka biasanya dalam hitam dan putih, jujur dan apa adanya. Setiap orang merasakan “rasa humor” di dalamnya bahwa Anda tidak bisa memberi sesuatu selain rasa hormat. Beberapa iklan telah menjadi klasik, seperti "Think Small" promosi yang memberitahukan tentang sifat ekonomis setiap Volkswagen, dan "Lemon" iklan tahun 1960, yang berbicara tentang sistem pengawasan mutu yang ketat. Setiap iklan DDB membantu membuat gambaran kehandalan, individualitas, dan “value for money” yang membedakan mereka dari Detroit's mainstream.

1965 menandai tahun di mana satu juta atau lebih VW diproduksi di Wolfsburg. Salah satunya keluar dari barisan setiap tiga detik, dan dunia terus memesan lebih banyak lagi. Sepertinya semua orang memiliki satu selama tahun 1960-an. The hippies mengadopsi VW sebagai ikon tidak resmi, dan "Beetle stuffing" melanda kampus-kampus. Intinya adalah untuk menjejalkan sebanyak mungkin orang yang anda bisa di dalam mobil. Disney menekankan karisma pada tahun 1969 ketika merilis "The Love Bug", sebuah film yang lucu karakter utama adalah Beetle '63, Herbie, yang memiliki pikiran sendiri.

Herbie

1968 menandai tahun yang penting bagi evolusi Beetle. Begitu banyak perubahan yang dibuat pada tahun itu termasuk lampu depan tegak, lampu belakang baru, bumper baru, kursi baru, dan banyak lagi. Undang-undang baru tentang anti-emisi yang menyebabkan sistem dan catalytic converter harus ditambahkan. Banyak orang percaya mobil kehilangan banyak dari karakter yang disenangi oleh jutaan orang. Selama akhir tahun 70-an popularitas Beetles sangat berkurang. VW berusaha untuk menerbitkan beberapa edisi khusus Beetles, tetapi kerajaan pembuatan Beetles Jerman sudah hampir berakhir. Buatan Jerman terakhir adalah covertible 1980 yang keluar dari barisan di Osnabrück pada 10 Januari.

Namun, sekarang Beetle asli masih diproduksi di Meksiko. Tetap menjadi mobil yang sangat populer di negara itu, tetapi model ini tidak memenuhi batas emisi hukum AS dan tidak dapat secara legal diimpor di negara ini. The Beetle sekarang memegang rekor dunia untuk produksi; mendekati 23 juta unit yang diproduksi. Ini adalah mobil yang mempunyai awal yang sederhana di turmoiled Eropa, dan berevolusi menjadi yang paling dicintai dan mobil populer abad ini.

Sumber : “The Air-Cooled Volkswagen--History, Specifications, and Pictures”
http://www.angelfire.com/ab6/vwhistory


http://otopedia000.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar