Selasa, 22 September 2009

Mesin Jahit, Nenek Moyangnya Land Rover

(Sejarah Land Rover)

Land Rover ternyata awalnya dari sebuah parik perakitan mesin jahit kemudian sepeda dan akhirnya menjadi sebuah pabrikan mobil.
Untuk lebih jelasnya silakan melihat rentetan sejarahnya dibawah ini.
* 1860 - J.K. Starley memulai pabrik perakitan mesin jahit di Coventry, Inggris.
* 1884 - J.K. Starley memperkenalkan kendaraan roda tiga dan sepeda dengan nama “Rover” untuk pertama kalinya. Perusahaannya terkenal dengan nama Rover Safety CycleMerupakan pelopor sepeda berpedal modern. Nama Rover sendiri diambil dari bahasa Polandia yang berarti sepeda.
* 1888 - Dibentuknya perusahaan Rover Electric Carriage. J.K. Starley membuat prototipe kendaraan beroda tiga elektik.
* 1896 - Rover Cycle Company Limited menjadi nama resmi perusahaan J.K. Starley dan nama Rover dipatenkan.
* 1904 - Perusahaan ini memulai pembuatan kendaraan beroda empat.
* 1906 - Produksi di fokuskan hanya untuk pembuatan mobil. Pembuatan sepeda dihentikan dan perusahaan berganti nama menjadi Rover Company Limited.
* 1920-1930 masa pertumbuhan dimana Rover menjadi salah satu perakitan mobil terpenting di Inggris. Pertumbuhan ditahun 1920 meningkat tetapi tahun 1930 mengalami masa depresi.
* 1933 - Spencer Wilks menjadi Managing Director dan mencoba membenahi Rover untuk menjadi pembuat mobil khusus. Beliau juga memperkenalkan efesiensi pekerjaan/perakitan yang menjadi pelopor/dasar manajemen operasi modern. Beliau juga menggandeng adiknya, Maurice, untuk bergabung dibagian desain.
* 1937-1945 - Pabrikan Rover di Acocks Green dan Solihull memproduksi alat-alat perang untuk pemerintah Inggris seperti mesin pesawat dan mesinTank. setelah perang dunia kedua usai, Rover masih tetap memproduksi mesin Rolls Royce V12 Meteor tank di AcocksGreen.
Di Solihull mulai mempersiapkan produksi mobil dengan target 20.000 mobil setahun. Tetapi karena kemerosotan ekonomi setelah perang dan juga aturan dari pemerintah yang mengatur penggunakan baja yang saat itu sangat sedikit produksinya, maka Rover mengurungkan niatnya.
* 1946 - Maurice Wilks melihat bahwa dibutuhkan sebuah kendaraan yang serba guna pengganti jeep Willys untuk pertanian. Pada saat itu Jeep Willys cukup banyak digunakan di pertanian tetapi sangat susah mendapatkan suku cadangnya. Kalaupun ada harganya sangat mahal. Di Inggris belum ada kendaraan seperti jeep Willys yang cukup tangguh dan mungil untuk digunakan didalam pertanian.
* September 1947 - Dibuat prototipe pengganti jeep Willys, sebuah kendaraan multi fungsi. Mulai di desain sejak musim semi 1947 lahirlah sebuah kendaraan serba guna seperti willys dengan Mesin P3, gearbox, dan gardan. Proyek ini dinamakan Land Rover.
* April 1948 - Pertama kalinya Land Rover muncul di Amsterdam Motor Show. Prototipe Land Rover dengan mesin P6 dan 1,6 Liter serta jarak sumbu roda 80″ cukup mendapatkan sambutan yang luar biasa saat itu. Dikenal juga sebagai series I awal.
* 1951 - Produk Land Rover series I versi 80″ terjual habis.
* 1954 - Diperkenalkan versi Land Rover 86″ dan 107 ” station wagon dengan mesin yang lebih besar. Diperkenalkan juga versi mesin diesel. Dikenal dengan istilah Series I yang cukup mendunia.
* 1958 - Series II sebagai kelanjutan series I di perkenalkan pertama kalinya. Dengan versi 88″ dan 109″ dan mesin 4 silinder 2,286 cc. Juga dilengkapi Synchromesh pada gearbox untuk gigi 3 dan 4.
* 1961 - Diperkenalkan series IIA yang merupakan pembaharuan dari series II sebelumnya dan juga diperkenalkan mesin diesel 2,286 cc.
* 1962 - Diperkenalkan versi station wagon yang bisa memuat 12 orang dewasa.
Karena saat itu di Inggris diberlakukan pajak yang cukup tinggi untuk mobil.
Versi Forward Control (FC) series IIA dengan mesin 4 silinder juga diperkenalkan pertamakalinya. FC diperoduksi untuk memenuhi permintaan akan kendaraan yang dapat mengangkut lebih banyak barang. Mesin diletakan dibawah cabin.
* 1966 - Forward Control (FC) IIB diperkenalkan. Dengan mesin 6 silinder bensin untuk mengatasi kurang tenaganya mesin 4 silinder FC series IIA. Diperkenalkan juga gardan yang lebih besar dan kuat serta roda yang cukup besar. Versi diesel mulai diproduksi. Mesin 6 silinder akhirnya menjadi opsi alternatif untuk series 109″ sejak tahun 1967
* 1967 - Rover dan Leyland merger dimana saham terbesar dipegang oleh Leyland.
Dikenal sebagai Rover Group.
* 1968 - Diperkenalkan versi 1 Ton untuk series IIA 109″ yang dimana sebelumnya memakai gardan 3/4 ton.
* 1970 - Pertamakali diperkenalkannya Range Rover sebuah kendaraan serbaguna untuk medan offroad dan onroad dengan kenyaman yang lebih baik. Range Rover menggunakan per coil sebagai standarnya. Dikenal sebagai classic Range Rover.
* 1971 - Diperkenalkannya series III sebagai pembaharuan dari series IIA sebelumnya. Dikembangkan gearbox full synchromesh mulai dari gigi 1 sampai 4.
* 1972 - Forward Control (FC) 101″ dengan mesin V8 diperkenalkan dan ditujukan untuk penggunaan didalam militer.
* 1976 - Land Rover akhirnya mencapai produksi yang ke- 1 juta.
* 1979 - Diperkenalkan Stage One 109″ V8 yang mengambil dasar series III tetapi dengan gril yang rata dengan sayap.
* 1983-84 - Diperkenalkan versi 90″, 110″ dan 130″ dengan per coil. Merupakan cikal bakal defender yang melegenda.
* 1988 - British Aerospace mengambil alih kendali dari Rover Group
* 1990-1993 - Diperkenalkan pertama kali Discovery sebagai kendaraan SUV 4×4.
90″ dan 110″ di perkenalkan pertama kali sebagai Defender dengan mesin 200 TDi diesel dan mesin 300 TDi tahun 1993
* 1994 - British Aerospace menjual Rover Group ke BMW. Model p38 Range Rover diluncurkan sebagai salah satu kendaraan offroad yang nyaman. Model baru Range Rover tidak menghentikan model lama (Classic range Rover) untuk tetap di produksi.
* 1996 - Classic Range Rover dihentikan produksinya.
* 1997 - Diperkenalkan versi Land Rover terbaru yaitu Freelander. Untuk menyaingi CRV (Honda) dan RAV4 (Toyota). Sebuah SUV yang mungil tetapi memiliki klemampuan offroad. Freelander menggunakan sasis monocoque dan suspensi independent strut.
* 1998 - Discovery Series 2 diperkenalkan dengan codename “Tempest“.
* 2000 - BMW membagi 2 over group menjadi Land Rover dan Divisi Mobil.
Menjual Land Rover ke Ford dan divisi mobil ke British Phoenix management group.
* 2002 - Range Rover Mk III diperkenalkan.
* 2004 Discovery 3 diperkenalkan.

sumber : FeelBlue.info
Catatan Rhd Junisadek

http://otopedia000.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar