Selasa, 29 September 2009

Si Antik yang Futuristik

(Fiat 8V Supersonic Ghia)

FIAT 8V Supersonic Ghia 1953 adalah mobil sport klasik bergaya futuristik yang contohnya dibuat hanya 8 unit. Kendaraan berbodi aluminium yang di Italia memiliki julukan 'Otto Vu' ini adalah salah satu pendatang paling menonjol di kelas mobil sport di acara perayaan 30 tahun Meadow Brook Concours d'Elegance 2 Agustus mendatang yang digelar di Rochester Michigan.

Mobil sport ini hasil rancangan Giovanni Savonuzzi, dituangkan dalam bentuk logam yang digarap oleh Ghia sebanyak 8 unit contoh di atas sasis Fiat 8V. Kedelapan unit Supersonic dilengkapi dengan mesin Fiat bertenaga 115hp 2.0 liter overhead valve (OHV) V8 bersudut 70 derajat.

Sejarah kelahiran Supersonic berawal pada tahun 1951 ketika desainer Fiat Dante Giocosa mendesain sebuah konsep mobil sport high performance khusus untuk diterjunkan di kelas mesin 2.0 liter, kelas paling kompetitif di kejuaraan Italia. Di kelas itu Fiat harus bersaing dengan Maserati, Ferrari dan Lancia.

Konsep mobil ini mendapat perhatian para desainer mobil Italia. dan yang pertama kali melukiskan adalah Zagato dengan sedikit ubahan. Versi lainnya dibuat oleh Vignale, Pininfarina, dan Siata serta Ghia yang akhirnya menamai mobil ini Supersonic, kiasan untuk menggambarkan bentuk ekornya yang menyerupai roket.

1953 Fiat 8V Supersonic pertama kali ditampilkan di Paris Motor Show 1953 dan dipasarkan akhir tahun itu dengan harga US$3.100. Produksi terbatas Supersonic dibeli oleh pabrikan Detroit. Mereka tertarik untuk mempelajari desain dan rekayasa rancang bangunnya yang spektakuler.

"Kami sangat bahagia bahwa David dan Ginny Sydorick telah memasukkan nama Meadow Brook dalam daftar bergengsi concours di mana mereka akan menampilkan Fiat 8V Supersonic yang hebat," ujar Larry Moss, Direktur, komite pemilihan mobil Meadow Brook Concours d'Elegance.

Ia menjelaskan juga bahwa aliansi antara Chrysler dan Fiat membuat keberadaan kendaraan istimewa ini menjadi relevan bagi masyarakat lokal seperti kita semua memandang sebuah pembentukan semangat 'baru' Chrysler yang akan melanjutkan kontribusi yang terbaik yang dapat ditawarkan oleh Detroit."

Selain menggunakan sasis milik Fiat 8V, bodi Supersonic juga diaplikasikan pada 3 unit sasis Jaguar XK120, 1 unit Aston Martin DB2/4 dan versi paling ekstrem dibangun di atas sasis DeSoto Adventurer.

Sumber : Mediaindonesia.com

http://otopedia000.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar