Senin, 28 September 2009

Dari Lada Sampai Burung Gereja

(Fiat 124)

Fiat 124 adalah sebuah mobil keluarga kelas menengah yang diproduksi pertama kali oleh produsen Italia Fiat antara 1966 dan 1974. Model ini adalah pengganti Fiat 1300 dan Fiat 1500. Hingga hari ini juga dikenal sebagai mobil yang digunakan sebagai dasar bagi mobil “Lada” buatan Rusia, Serce (burung gereja) di Turki dan beberapa negara lainnya. Uniknya mobil ini memiliki nama yang berbeda di setiap negara.

Kehadiran dari versi Lada mobil di Eropa Timur, membuat model Fiat 124 mencapai status ikonik, dan merupakan salah satu mobil dengan penjualan terbesar sepanjang masa dengan perkiraan 15 juta unit yang terjual.

Peluncuran

Fiat 124 diperkenalkan dengan cara dijatuhkan dengan parasut dari pesawat dan langsung mendapatkan pujian kritis, tahun itu “124”mendapat penghargaan European Car of the Year award. Mobil ini dipuji karena interior luas, coil spring suspensi belakang modern, rem cakram di semua roda dan konstruksi ringan.

Rancangan yang tidak lazim dari mobil ini adalah hasil dari pemikiran Oscar Montabone, chief engineer yang bertanggung jawab atas pengembangannya, Semua fitur yang dihadirkan merupakan keluaran baru. Hanya synchromesh gearbox-nya yang berasal dari model yang ada, yaitu Fiat 1500.

Mesin

Power berasal dari 1,2 L (1197 cc) Fiat OHV straight-4, memproduksi 65 hp (49 kW) dan 70 ft.lbf (95 Nm). Juga 124S dengan mesin 1.438 cc OHV, 124 ST dengan 1438 cc dan 1592 cc Twin Cam dengan 5 speed gearbox.

Varian

Dasar dari 124 saloon juga melahirkan Fiat 124 Sport Spider dan Fiat 124 Coupé, Kedua model ini termasuk mobil klasik tahun 1970-anyang sangat dicari. Pengembangan dan versi lebih mewah dari 124 dikenal sebagai 125 juga diluncurkan pada tahun 1967.Produksi Fiat 124 berhenti pada tahun 1974, membuka jalan bagi Fiat 131 Mirafiori.

Kembaran

Uni Soviet / Rusia

Pada 1966-1970, Fiat mensponsori pembangunan pabrik mobil AutoVAZ di Uni Soviet. Pabrik menghasilkan versi yang disesuaikan 124R dari 124 yang dikenal sebagai Lada ВАЗ-2101 / Zhiguli (kemudian Lada 1200). Mobil-mobil ini, memiliki platform yang hampir sama dengan 124, dan diproduksi sampai tahun 1984, sayangnya model ini mendapatkan reputasi yang buruk karena teknologi yang usang, dan buruk (menurut standar modern) dalam hal tingkat keselamatan dan kelengkapannya bila dibandingkan dengan mobil modern, tapi masih disukai karena harganya yang sangat rendah dan perawatannya relatif mudah. Beberapa versi restyling Lada berdasarkan desain Fiat 124/ВАЗ-2101 masih dibuat sampai hari ini: LADA 2104/2105/2107. Barisan produksi model ini sampai tahun 2000 telah melampaui 14.000.000 mobil, dan hal itu terus berlanjut pada tahun 2009.

India

Fiat 124 yang juga diperkenalkan di India oleh Premier Automobiles tahun 1986 sebagai 118NE Premier. Mobil itu sangat mirip dengan versi tahun 1966, kecuali beberapa perubahan kosmetik di bagian depan dan belakang. Namun, Premier memasukkan Nissan A12 (1171 cc/52 bhp) powertrain bukan mesin Fiat asli bersama dengan Nissan gearbox. Mobil ini mendapat respons yang luar biasa pada awalnya. Auto Magazine memuji perpindahan giginya yang dianggap sebagai yang paling mudah diantara semua. Berkarat adalah masalah dengan mobil ini. Pada akhir peningkatan produksi model yang disebut Viceroywas dirilis bekerjasama dengan Peugeot, Perancis. Namun belakangan mobil ini ketinggalan zaman oleh mobil-mobil modern lainnya dan produksi dihentikan pada tahun 2001. Beberapa versi terpelihara dengan baik dan masih ditemukan saat ini.

Spanyol

Dalam kerangka perjanjian lisensi antara SEAT dan Fiat, mobil ini juga diproduksi dan dijual di Spanyol dengan nama SEAT 124 1968-1980. Mobil ini sangat sukses di Spanyol, dan dijual baik dalam 4-pintu dan versi station wagon. Versi sport juga dibuat dengan 1600 cc (1970-72) dan 1800 cc (1972-75)

Bulgaria

Fiat 124 juga diproduksi dengan nama Pirin-Fiat di Lovech, Bulgaria, atas dasar dari kit Complete Knockdown (CKD) antara 1967 dan 1971.

Turki

Fiat 124 juga diproduksi dengan nama Murat 124, alias. Serçe ( "burung gereja") di Bursa, Turki oleh Tofaş. 134.867 Murat 124 diproduksi antara 1971 dan 1977. TOFAŞ kemudian menghasilkan seri Fiat 131 dengan nama Murat 131, saat ini memproduksi model Fiat bonafide.

Korea

Fiat 124 juga diproduksi dengan nama Fiat-KIA124 oleh Asia Motors di Korea Selatan antara 1970 dan 1975.

Mesir

Dari 2002-2007 Lada-Egypt Company memproduksi setidaknya 9.000 mobil di Shell of Lada 2107/Riva (2.200 pada 2006), dan terus pada tahun 2007.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar